Ticker

6/recent/ticker-posts

Toolkit yang Wajib Dimiliki Pesepeda

Toolkit lengkap dengan tas untuk sepeda
Toolkit lengkap dengan tas untuk sepeda

Bersepeda menjadi salah satu hobi yang paling digandrungi selama pandemi. Bisa kita lihat, sedari awal pandemi, antusias para pesepeda makin melejit. Bahkan harga sepeda sempat melonjak lebih mahal dari harga sebelumnya.

Berbagai produsen sepeda mengeluarkan banyak varian sepeda. Paling mencolok adalah sepeda lipat. Bagaimana tidak, dua produsen Pasific dan Element Indonesia saling berlomba mengeluarkan varian baru dengan harga yang beragam.

Saya sendiri di akhir tahun 2020 membeli sepeda lipat keluaran Element Indonesia. Sepeda lipat Ecosmo edisi Tokopedia menjadi pilihan yang tepat. Saat itu, sepeda dengan spek yang sama dijual jauh di atas harga normal, dan edisi ini harganya masih normal.

Selaras dengan harga sepeda, komponen sepeda pun naik drastic. Harga ban sepeda hingga part yang awalnya normal turut naik. Menuju pertengahan tahun 2021, harga sepeda kembali normal. Di berbagai lapak jual-beli, sudah mulai banyak yang posting jual sepeda dengan harga murah.

Tiap pesepeda mempunyai hobi berbeda. Ada yang suka blusukan, jalan datar, hingga menanjak. Saya pribadi menggunakan sepeda gunung ataupun sepeda lipat untuk gowes santai. Tujuannya hanya ke destinasi wisata, pulangnya kulineran.

Aktivitas tersebut membuat saya harus peka dengan peralatan yang dibutuhkan. Salah satu perlengkapan yang belum saya miliki adalah toolkit. Mau tidak mau, saya harus membeli toolkit untuk jaga-jaga kala sepeda ada masalah.

Saya suka membeli barang menggunakan lokapasar, lalu pada pencarian pun saya direkomendasikan untuk melihat toolkit. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Melihat komponennya sudah lumayan lengkap untuk pesepeda awam seperti saya.

Perkakas yang berada dalam satu tas kecil ini berisi pompa mini, kunci baut, berbagai kuncil L, dan sepaket peralatan untuk menambal ban, sudah termasuk alat congkel plastik, lem, dan karet tambalnya. Melihat ini, saya langsung membelinya.

Selang empat hari dari hari pembelian, sepaket toolkit yang saya beli sudah sampai. Saya pun membuka isi tas dan melihat perkakas di dalamnya. Apakah sesuai dengan yang ada di gambar atau ada yang kurang. Nyatanya, semua yang di gambar memang ada di sini. Berikut toolkit yang wajib dimiliki pesepeda.

Berbagai perkakas yang wajib dimiliki pesepeda
Berbagai perkakas yang wajib dimiliki pesepeda

Toolkit Lengkap (Kuncil L dan sejenisnya)

Perkakas kunci L lengkap ini menjadi barang yang wajib dimiliki para pesepeda. Terlebih kalian yang memang suka touring ataupun blusukan ke destinasi dengan jalur XT. Kunci L dengan berbagai ukuran ini bisa digunakan sewaktu-waktu.

Kunci Pas (Bone-shaped Wrench)

Untuk sepeda tertentu, kunci pas wajib dibawa. Terkadang untuk membuka seperti ban sepeda yang masih menggunakan mur dan baut. Atau untuk melepas komponen tertentu, hal ini jangan pernah diabaikan.

Pompa Mini & Adaptor Presta

Salah satu barang yang harus bawa ketika kita berada di tempat yang jauh dari pemukiman adalah pompa ban. Ibarat musim hujan, pompa mini adalah payung. Sehingga mau tidak mau barang ini harus dibawa ketika hendak bepergian jauh.

Box Tambal Ban & Pencungkil Ban

Sepaket dengan pompa mini, box tambal ban ini bisa digunakan saat darurat. Jalan terjal maupun ban luar yang sudah aus menjadi catatan tersendiri bagi kita para pesepeda. Lebih baik menyediakan semuanya daripada terjadi hal yang tidak bisa dihindari.

Secara sederhananya, benda-benda tersebut wajib dimiliki para pesepeda. Sudah banyak lokapasar yang menyediakan berbagai jenis toolkit dengan harga beragam serta wadah yang bagus. Selain itu semua, tentu komponen sepeda ban dalam dan lainnya juga harus diperhatikan.

Seperti yang saya bilang di atas, jika saya memang sudah membeli toolkit sederhana untuk kelengkapan berseped asaya kala jarak jauh. Berikut ini adalah toolkit yang sudah saya beli dalam satu paket dengan harga murah. Silakan tonton videonya.

Posting Komentar

0 Komentar