Ticker

6/recent/ticker-posts

Resensi Buku Recehan Bahasa Karya Ivan Lanin

Buku Recehan Bahasa Karya Ivan Lanin
Buku Recehan Bahasa Karya Ivan Lanin

Bahasa Indonesia itu sulit dipelajari. Mungkin ini yang terbesit pada setiap pikiran banyak orang. Pun dengan saya. Setidaknya, selama ini masih banyak kata yang salah dalam menulis artikel. Apalagi membuat sebuah surat resmi dari instansi. 

Beruntunglah ada media sosial, beberapa tahun terakhir nama Ivan Lanin mencuat. Sosok yang kerap disebut kamus berjalan ini mempunyai cara asyik untuk membahas Bahasa Indonesia, terlebih beliau memanfaatkan media sosial. 

Judul: Recehan Bahasa 

Penulis: Ivan Lanin

Penerbit: Qanita 

No ISBN: 978-602-402-179-5 

Tahun Terbit: Juli, 2020 

Sebuah Ungkapan “Baku Tak Mesti Kaku” 

Recehan Bahasa merupakan buku ringan yang mempelajari tentang Bahasa Indonesia. Buku ini membuat kita makin nyaman dan asyik belajar tentang Bahasa Indonesia. Apapun konteksnya, tidak monoton, serta contoh yang digunakan pun sederhana. 

Membaca Recehan Basan membuat kita mendapatkan kosakata baru. Kata-kata yang sejatinya sudah ada namun jarang digunakan. Malah terkadang rasanya kata tersebut unik, serta mudah dalam pengucapannya. 

Selain itu, di sini kita juga lebih paham dalam penggunaan bahasa. Contoh sederhana penggunaan kata “sepakat” maupun “setuju”. Keduanya mempunyai makna yang berbeda, serta penggunaannya pun harus disesuaikan. 

Membaca buku ini, secara tidak langsung membuat kita belajar bahasa tersebut. Kita menjadi tahu kata-kata yang sebenarnya salah, tapi masih terus digunakan oleh masyarakat secara umum. Seperti kata “panu, merubah, aktifitas,” atau “panau, mengubah, aktivitas”. 

Ivan Lanin juga berkontribusi dalam memberikan opsi untuk kata-kata tertentu yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Beliau merekomendasikan beberapa kata yang mungkin bisa dijadikan kata baku. Untuk contohnya bisa baca buku ini. 

Menariknya lagi, setiap tema yang diulas pada buku ini disertakan kode batang maupun alamat tautan yang bisa kita akses. Sehingga kita bisa mengetahui kenapa kata tersebut bisa dijadikan pedoman, serta kita butuh referensinya. 
Membaca buku ringan Recehan Bahasa
Membaca buku ringan Recehan Bahasa

***** 

Sebagai orang yang suka menulis artikel blog, buku Recehan Bahasa ini bermanfaat. Saya bisa mendapatkan beberapa tambahan diksi yang nantinya bisa saya gunakan dalam menulis. Oya, mungkin kalian sudah tahu apa itu narablog, narahubung, dan yang lannya. 

Buku ini adalah kumpulan karya Ivan Lanin yang tersebar di berbagai tempat maupun media. Di sini, sedikit demi sedikit ceceran tersebut dikumpulkan, jadikan tuntunan bagi orang yang ingin belajar Bahasa Indonesia baku tapi tidak kaku. 

Untuk kalian yang ingin menambah wawasan dalam belajar bahasa Indonesia dengan asyik, atau membutuhkan asupan bacaan buku ringan dan bermanfaat. Recehan Bahasa bisa menjadi opsi untuk dibeli. Meski tipis halamannya, tapi ilmunya berkali-kali lipat yang kita dapatkan. 

Ada yang sudah membaca buku Recehan Bahasa karya Ivan Lanin? Kata apa yang sering kalian gunakan setelah membaca buku tersebut? Kalau saya sih ada beberapa seperti; narablog, mancakrida, pemutakhiran, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Posting Komentar

0 Komentar