Ticker

6/recent/ticker-posts

Resensi Buku Investapedia Karya Aqida Shohiha

Buku Investapedia karya Aqida Shohiha
Buku Investapedia karya Aqida Shohiha

Masih di bulan November, kawan mengopi saya kembali ada yang menerbitkan buku. Kali ini buka yang dia tulis berkaitan dengan bisnis dan ekonomi. Lebih tepatnya, bagaimana kita menabung, berinvestasi, dan yang berkaitan dengan topik-topik tersebut. 

Buku berjudul Investapedia ini diserahkan langsung pada saya. Tidak ketinggalan sebuah memo pada lembar judul dalam buku dari penulis, lengkap dengan tanda tangannya. “Halo, Mas Sitam. Makin Kaya!” Sungguh, saya mengamini dengan kencang. 

***** 

Judul: Investapedia 

Penulis: Aqida Shohiha 

Penerbit: Laksana 

Tahun Terbit: 2020 

No ISBN: 978-602-407-916-1 

Genre: Bisnis, Ekonomi 


A-Z Investasi dan Perencanaan Keuangan untuk Pemula 

Di masa sekarang, investasi menjadi hal yang lumrah, tidak sedikit orang terjun dalam berinvestasi. Ragam informasi bisa diperoleh dari berbagai media. Banyak orang yang hanya mengikuti arus kawan. Ketika ada kawan yang berinvestasi, dia ikut-ikutan. 

Kita tahu, berinvestasi itu harus mempunyai banyak pertimbangan. Tidak hanya asal ikut-ikutan, lalu menuai hasil maksimal seperti yang kita impikan. Terlebih bagi seorang pemula, harus ada banyak hal yang dilakukan terlebih dahulu sebelum terjun dalam berinvestasi. 

Investapedia adalah buku ringan yang mengulas seluk beluk terkait investasi dan perencanaan uang bagi orang pemula. Di sini, kita dituntun untuk mencari informasi terkait keuangan kita sendiri dengan arahan yang sederhana dan mudah. 

Pada buku Investapedia, terdapat bab-bab yang mengulas secara mendalam terkait finansial kita. Bagaimana kita menghitung keuangan kira, bagaimana kita mengetahui kekayaan yang kita miliki, merencanakan anggaran pendapatan dan belanja, serta yang lainnya. 

Selain itu, kita dijabarkan terlebih dahulu pengertian investasi. Bagaimana cara kita memulainya, langkah-langkah yang kita perlukan, hingga pemaparan tentang instrumen investasi tersebut. Tidak ketinggalan informasi terkait risiko maupun hal-hal yang harus kita pelajari lainnya. 

“Saat kita sudah berencana untuk mengelola keuangan dengan bijak, tentu yang harus dilakukan pertama kali adalah mengenali kondisi keuangan pribadi. Ada tiga langkah yang perlu dikerjakan, yaitu melakukan finansial check up, menyusun rencana anggaran, dan yang terakhir merencanakan tabungan serta investasi – halaman 21” 

“Setelah mengenal berbagai jenis reksa dana, sekarang bagaimana cara memulai investasi di reksa dana? Terima kasih teknologi, karena kini semakin banyak pilihan untuk memulai investasi reksa dana online langsung dari rumah – halaman 124” 

“Sebelum berniat untuk investasi pada barang koleksi sesuai hobi, pastikan kita benar-benar mengetahui karakteristik barang tersebut. Dari mana barang yang bernilai investasi tinggi, di mana pasar untuk mendapatkan harga terbaik saat dijual nanti, dan kapan waktu yang tepat untuk bisa memaksimalkan keuntungan – halaman 160” 

***** 
Baca buku dan mengopi
Baca buku dan mengopi

Sebagai orang awam terkait keuangan ataupun investasi, saya tertarik dengan buku Investapedia yang ditulis Aqida. Setidaknya, sebelum dia menulis buku ini, orangnya sudah sering berbagi tips mengatur keuangan kala sedang ingin liburan. 

Buku ini membuat kita makin sadar bahwa pada dasarnya berinvestasi sekarang itu mudah. Tak perlu melewati tahapan-tahapan yang njelimet. Tinggal mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan langsung beres. 

Sebelum itu, pada awal tulisan, saya tertarik menghitung kekayaan saya dengan mengikuti ilustrasi penghitungan yang ada di dalam buku. Dari sini, saya menjadi tahu bagaimana kondisi keuangan saya selama ini. Apakah sehat atau sebaliknya. 

Lantas saya diajak berkenalan dengan instrumen investasi. Pada bab ini, penulis memaparkan berbagai aset yang meliputi aset nonfisik serta aset fisik. Lagi-lagi, pemaparan di sini mudah dipahami bagi orang yang buta keuangan seperti saya. 

Jika kalian tertarik berinvestasi lantas bingung memilih tempat berinvestasi online, tidak perlu khawatir. Pada buku ini pun dilengkapi informasi pilihan reksa dana online yang dapat diunduh melalui playstore maupun appstore. 

Penulis juga memberikan masukan agar para pemula yang ingin terjun dalam berinvestasi tidak serta-merta diam. Kita harus terus belajar untuk menjadi investor yang cerdas, sehingga tidak terjebak dalam investasi-investasi yang merugikan. 

Untuk kalian yang hendak berinvestasi, silakan baca buku ini. Meski judulnya terasa berat, isi buku ini ringan kok. Bahkan ada ilustrasi cerita pendek yang membuat kita makin mudah mencerna daripada menghitung angka-angka. Oya, di sampul depan itu ada kode batang “Finansial Check Up” Silakan pindai lalu isi nominalnya untuk mengetahui kondisi keuangan kalian. 

Mungkin ini yang terakhir. Jika kalian sering bertanya ke saya kok bisa hampir tiap hari mengopi di kedai kopi dan dapat uang dari mana. Salah satunya ya belajar dari penulis ini bagaimana saya mengatur keuangan untuk mengopi. Misal tertarik membaca, silakan hubungi penulisnya melalui media sosialnya.

Posting Komentar

0 Komentar