Memesan Tiket Pesawat ke Karimunjawa di Traveloka

Tiket pesawat Karimunjawa - Semarang

Sejak ada penerbangan domestik Semarang – Karimunjawa, saya menjadi rutin mudik ke Karimunjawa menggunakan pesawat. Entah pulang pergi ataupun salah satu di antaranya. Tergantung keinginan hati dan waktu luang. 

Penerbangan Semarang – Karimunjawa dalam seminggu terdapat tiga kali jadwal. Hari Jumat, Minggu, dan Senin. Jadwal penerbangan pukul 11.30 WIB dari Semarang, dan 12.30 WIB dari Bandara Dewadaru Karimunjawa

Pembelian tiket pun mudah. Hampir setiap aplikasi penyedia layanan pemesanan tiket menyediakan tiket tersebut. Saya pernah membeli di Pegi-Pegi (sayan tidak sempat menyimpan proses pemesanannya) dan di Traveloka. 

Tulisan ini hanya sebagai cerita pengalaman saya memesan di aplikasi Traveloka. Jadi bukan merupakan promosi ataupun yang lainnya. Bagi saya, ketika ada aplikasi yang simpel dan harganya murah, atau bisa tukar dengan poin dan yang lainnya, kenapa tidak dicoba. 

Pada dasarnya langkah-langkah pemesanan tiket di hampir semua aplikasi peyedia layanan tiket sama. Kita masuk, mencari tempat keberangkatan dan kunjungan, membayarnya, dan mendapatkan bukti tiket sudah dipesan. 

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi, kalian tentu tidak perlu membaca tulisan ini. Saya yakin sudah sangat familiar. Bagi yang belum pernah memesan tiket menggunakan aplikasi atau kali pertama memesan tiket, berikut yang harus kalian lakukan. 

Masukkan Identitas Calon Penumpang 

Saat menggunakan aplikasi, kalian harus melakukan login ke aplikasi. Di sini yang harus diisi adalah nama lengkap, NIK atau sejenisnya. Silakan lengkapi tiap kolom yang terdapat tanda harus diisi. Jika sudah pernah menggunakan, secara otomatis data tersimpan. 

Semisal ingin membelikan tiket untuk orang lain. Kalian harus mengisi kolom tersebut secara satu persatu. Kembali periksa semua biodata sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya. Tujuannya tentu agar tidak salah nama dan sebagainya. 
Melakukan pencarian tiket pesawat
Melakukan pencarian tiket pesawat

Tentukan Bandara Keberangkatan dan Tujuan 

Berhubung saya dari Karimunjawa menuju Semarang, kolom bandara saya tulis “Bandara Dewadaru – Keberangkatan” dan “Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang – Tujuan”. Nanti terdapat kode bandaranya. 

Jika tidak tahu kode bandara, kalian tinggal tulis nama kota ataupun destinasinya. Misal tulis “Bandara Karimunjawa atau Bandara Semarang”. Secara otomatis nanti diarahkan oleh sistem. Untuk kota yang mempunyai bandara dua seperti Jakarta, kalian harus jeli memilih tempat. Apakah di Soetta atau di Halim. 

Bagi yang membawa barang banyak, di aplikasi Traveloka terdapat item bagasi. Berhubung saya naik Wings Air yang tidak menyediakan bagasi, saya sudah menyiapkan barang bawaan tidak lebih dari 7 kilogram agar bebas bagasi. 

Pilih Metode Pembayaran 

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Di setiap aplikasi sudah menyertakan beberapa rekening yang bisa digunakan. Pembayaran bisa menggunakan mobile banking, internet banking ataupun yang lainnya. 

Waktu pembayaran ada batasnya. Di Traveloka, batas akhir pembayarannya kurang dari 2.5 jam. Jika tidak melakukan pembayaran di waktu tersbut, kalian kembali harus melakukan pemesanan seperti awal. 
Menentukan pemilihan opsi pembayaran
Menentukan pemilihan opsi pembayaran

Bayar Sesuai Nominal yang Tertera 

Saya memilih menggunakan Mandiri Online untuk proses pembayarannya. Karena tinggal membuka aplikasi mandiri di gawai dan melanjutkan transaksi. Jika menggunakan ATM, langkahnya hampir sama. 

Ingat, pembayaran menggunakan ATM lebih baik struk pembayaran disimpan, siapa tahu ada sedikit masalah pada saat konfirmasi sudah membayar. Hal yang paling penting adalah melakukan pembayaran sesuai dengan nominal tertera. 

Harga awal dengan harga akhir pembayaran biasana berbeda, hal ini dikarenakan terdapat perubahan pada tiga angka belakang sebagai kode unik. Masukkan nominal yang sama persis dengan harga yang terdapat kode uniknya. 
Melakukan pembayaran sesuai dengan nominal tertera
Melakukan pembayaran sesuai dengan nominal tertera

Mendapatkan Kode Pemesanan Tiket 

Proses pembayaran sudah selesai. Tidak lama kemudian terdapat pemberitahuan jika tiket sudah dipesan. Tertera juga kelas yang dipilih, hari, tanggal, dan bandara asal serta tujuan. Tidak ketinggalan informasi lama penerbangan. 

Untuk durasi waktu penerbangan Karimunjawa – Semarang selama 30 menit. Jadi cukup sebentar dan menyenangkan rasanya. Inilah salah satu alasan yang membuat saya sering pulang menggunakan pesawat. 
Informasi E-tiket yang dipesan
Informasi E-tiket yang dipesan

Cek e-Tiket di Email dan Simpan 

Di email, kalian nantinya mendapatkan e-tiket. e-Tiket ini terdapat kode pemesanan serta detailnya. Untuk lebih lanjut, kalian harus mengunduh lampiran e-tiket yang dikirim dalam bentuk PDF. 

Siapkan terlebih dahulu di gawai aplikasi yang bisa membaca file PDF. Saya menyarankan kalian menginstal aplikasi WPS Office. Karena aplikasi tersebut bisa membaca file dalam bentuk PDF, Excell, maupun Power Point. 
E-tiket sudah diterbitkan
E-tiket sudah diterbitkan

***** 

Jika semuanya sudah selesai dan menadpatkan e-tiket. Di hari H keberangkatan, kalian lebih baik datang ke bandara lebih awal agar tidak terburu-buru. Adapun yang harus dipersiapkan antara lain sebagai berikut. 

Bukti e-Tiket dan Identitas Penumpang 

Bukti e-tiket tidak perlu dicetak. Kalian menuju bagian tiket sembari membawa identitas dan menunjukkan kode pemesanan tiket di gawai. Petugas nantinya mencetak tiket yang kita pesan. Jika bandaranya besar dan ada banyak tempat pengecekan, kalian harus mencari sesuai maskapai dan tujuannya. 

Nomor Kursi Tertera pada Tiket 

Dari petugas, kita diberi tiket pesawat. Di sana terdapat nama kita serta nomor kursi. Saya tidak tahu apakah di Traveloka bisa memilih nomor kursi atau tidak. Selama penerbangan Karimunjawa – Semarang ataupun sebaliknya, pemilihan nomor kursi tidak ada. 

Timbang Barang Bawaan 

Ini poin yang tak kalah penting jika naik pesawat ATR. Wings Air menghapus bagasi, sehingga barang yang masuk di kabin maksimal 7 kilogram. Di bagian pengambilan tiket, semua barang kita ditimbang. 

Jika melebihi batas maksimal, barang tersebut nantinya harus diletakkan dalam bagasi. Benda-benda seperti tripod juga harus masuk bagasi. Untuk barang elektronik di kabin, pun dengan powerbank. Untuk powerbank di bawah 10.000, bisa masuk pesawat, jika lebihdari itu biasanya tidak diperkenankan untuk dibawa. 

***** 

Berikut adalah pengalaman saya memesan tiket pesawat sekaligus langkah-langkah ketika sedang melakukan penerbangan. Bagi sebagian orang, alur ini sudah menjadi informasi umum. Bagi yang baru ingin melakukan perjalanan menggunakan pesawat, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar