Bebek Goreng Bacem Bu Suwarni Prambanan

Bebek Goreng Bacem Bu Suwarni
Bebek Goreng Bacem Bu Suwarni

Sudah lumayan lama saya tidak menikmati Bebek Goreng. Di Jogja, saya cukup sering makan siang Bebek Goreng Haji Slamet. Pengetahuan kuliner bebek tidak luas. Jadi, setiap ingin bebek goreng, saya pasti memesan di sana. 

Hingga suatu ketika saya sedang mengunjungi Desa Wisata Kebondalem Kidul. Desa yang berlokasi di seberang Candi Prambanan ini dekat dengan kuliner bebek goreng. Bebek Goreng Bu Suwarni Namanya. Warung makan legendaris bagi pecinta bebek di sekitar Prambanan. 

Warung Bebek Goreng Bu Suwarni berlokasi di Prambanan. Tepat di tikungan dekat Stasiun Brambangan. Warung makan tersebut bercat hijau. Cukup mencolok jika kita melintasi Jalan Stasiun Prambanan. 

Di samping warung terdapat tanah lapang yang digunakan untuk memarkir kendaraan roda empat. Untuk kendaraan roda dua sendiri biasanya parkir di depan warung atau di tepian jalan. Selain plang besar di samping jalan, tepat di depan warung juga terdapat nama warung makan Bu Suwarni. 
Warung Bebek Goreng Bu Suwarni Prambanan
Warung Bebek Goreng Bu Suwarni Prambanan

Konon, selain jualan Bebek Goreng, Bu Suwarni juga menjual Soto Bebek. Mungkin ke depannya saat mampir saya mencoba soto bebek. Untuk makan siang ini, saya sudah tertarik memesan bebek gorengnya. 

Jika di Haji Slamet bebek gorengnya disajikan dengan kering. Di Bu Suwarni lebih lembek. Semacam bebek goreng bacem. Jadi tampilannya terlihat lebih mengkilap karena laburan minyak. 

Untuk harga kisarannya berbeda. Satu bebek ingkung, harganya 120.000 rupiah. Sementara untuk potongan yang dibagi empat menjadi 29.000 rupiah. Rata-rata seporsi dengan lauk dan lalapan harganya 33.000 rupiah. 

Warung ini lumayan banyak tempat duduknya. Satu meja panjang dilengkapi dengan enam kursi. Buat kalian yang ingin datang rombongan cukup terjangkau. Jika datang berdua atau sendirian pun tidak masalah. 

Saya sudah memesan bebeknya. Saya pun menyicipi seporsi bebek goreng lengkap dengan lalapannya. Kesan pertama rasanya cenderung manis. Sepertinya sudah dari awal tercampur dengan rasa kecap. Namanya juga bebek goreng bacem. 
Daftar harga di Bebek Goreng Bu Suwarni Prambanan
Daftar harga di Bebek Goreng Bu Suwarni Prambanan

Untuk dagingnya cenderung lunak. Tidak alot layaknya bebek goreng kering. Sambalnya khas bukan sambal korek. Rasa sambalnya menurut saya kurang pedas. Bagi kalian yang biasa menikmati sambal korek atau sambal bawang, pasti bakal merasa kurang puas dengan sambalnya. 

Karena penyajiannya tidak sepenuhnya kering. Bagi yang suka kulit dengan lemak-lemak yang menggoda, pilihan bebek goreng ini menurut saya tepat. Sambalnya seperti sambal matang, jadi saya tidak sepenuhnya bisa menikmati rasa pedasnya. 

Untuk lidah Jogja dan sekitarnya, saya rasa bebek goreng bacem ini sesuai. Berbeda halnya dengan lidah jawa timuran atau pesisir yang suka pedas dan gurih. Saya pribadi memang tidak begitu suka dengan makanan yang cenderung manis. 

Ketika makan siang bebek goreng ini, rasanya memang kurang cocok di lidah saya. Hanya saja memang pada dasarnya dagingnya empuk dan manisnya terasa. Meski begitu, saya tetap bisa menikmati makanannya. 

Saya tentu tidak membandingkan dengan bebek goreng yang lainnya. Secara dari awal saya sudah tahu jenis masakannya ini tidak kering. Jadi saya sudah tidak penasaran lagi dengan rasanya. Sebelas-dua belas lah dengan makanan yang dibacem. 
Menikmati santap siang bebek goreng
Menikmati santap siang bebek goreng

Jika ditanya bagaimana penilaian saya tentang bebek goreng bacem Bu Suwarni. Saya cukup pada angka 6.5/10. Bagi saya masih cukup masuk, meski saya sendiri tidak begitu suka masakan yang cenderung manis dan sambalnya juga manis. 

Mungkin jika ke sini lagi, saya bakal mencoba soto bebek. Sepertinya menarik karena saya sendiri belum pernah merasakan soto bebek. Selama ini seringnya soto ayam atau soto daging. Siapa tahu pagi-pagi sepedaan ke Plaosan dan berlanjut sarapan di warung ini. 

Untuk kalian yang pesanran dengan Bebek goreng Bu Suwarni, bisa datang ke sini waktu makan siang. Ingat ini bebek goreng bacem, bukan bebek goreng kering. Jadi jangan sampai salah keinginan. *Bebek Goreng Bu Suwarni; 05 September 2019

Posting Komentar

0 Komentar