Mampir Kuliner di Soto Sedeep Ambarawa

Soto Sedeep Ambarawa

Mobil melaju pelan kala mendekati arah Ambarawa. Rencananya kami ingin sarapan di salah satu rumah makan yang berlokasi di sekitaran Jalan Ambarawa – Magelang. Di sini terdapat banyak tempat kuliner. Salah satu di antaranya adalah Soto Sedeep Ambarawa. 

Berlokasi di Jalan Ambarawa – Magelang KM 5 Jambu, Kabupaten Semarang. Soto Sedeep ini mudah ditemukan karena berada di jalan raya. Pun dengan bangunannya yang besar, lengkap fasilitas area parkir dan masjid yang tidak jauh dari warung. 

Ini kali pertamanya saya berkunjung ke tempat makan tersebut. Hanya saja, sedari dulu sudah sering melintasi jalur ini tiap dari Semarang ke Jogja. Waktu masih pagi, belum banyak orang yang berkunjung ke Soto Sedeep. 
Rumah Makan Soto Sedeep Ambarawa
Rumah Makan Soto Sedeep Ambarawa
Buka selama 24 jam membuat tempat ini menjadi salah satu lokasi yang sering disinggahi kendaraan para wisatawan. Selain warung makan, satu tempat ini juga dimanfaatkan menjadi semacam tempat membeli pakaian. 

Meski yang menjadi menu utama adalah soto, warung makan ini juga mempunyai menu yang beragam. Tiap pengunjung bisa mengambil secara prasmanan. Tepat di depan meja kasir, berbagai lauk serta gorengan tersedia. 

Tempe goreng, baceman, sosis, lumpia, serta gorengan yang lainnya tertata rapi di gerobak kecil. Pengunjung tinggal mengambil piring kecil dan memilih menu yang ingin dimakan. Sebelum menuju meja, pengunjung ke kasir untuk ditulis daftar makanan yang diambil. 
Berbagai gorengan yang tersaji
Berbagai gorengan yang tersaji
Saya memesan soto sapi. Di sini tersedia soto sapi maupun soto ayam. Untuk harganya sendiri tidak jauh berbeda. Rasa sotonya sesuai dengan lidah saya yang cenderung suka gurih dan segar. Soto ini termasuk bening tidak pekat seperti soto yang di beberapa tempat. 

Untuk beberapa saat, saya menikmati sarapan soto dilengkapi menu tambahan seperti gorengan. Jujur, tempe yang diiris tipis serta digoreng kering ini menggoda. Mirip tempe garet, tapi ukurannya lebih besar namun irisannya lebih tipis. 

Berhubung tempat ini memang digunakan untuk menggaet pengunjung banyak, khususnya mereka yang datang naik bus. Tentu ruangannya terkesan luas dan areanya terbuka. Di sini tidak ada ruangan bebas rokok, dan tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan. Hanya saja tersedia kipas besar. 
Semangkuk Soto Sapi Sedeep Ambarawa
Semangkuk Soto Sapi Sedeep Ambarawa
Seperti yang saya sebutkan sejak awal. Tempat ini fasilitasnya juga mumpuni. Di Soto Sedeep tersedia berbagai jajanan, tempat jualan oleh-oleh, kamar mandi yang bersih, musola di satu ruangan, dan masjid di samping, ditambah area parkir yang luas. 

Satu lagi, di depan pintu masuk, tersedia wastafel bagi yang ingin mencuci tangan. Bagi yang bingung mencari tempat makan sekaligus sebagai tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Sepertinya Soto Sedeep Ambarawa ini cocok dipilih. 

Jika ingin masakan yang masih segar dan gurih. Saya sarankan ke sini pagi. Selain masih cenderung sepi, sotonya juga masih pas di lidah. Untuk harga gorengan di sini sedikit di atas rata-rata. Tapi sesuai dengan ukurannya. 

Bagi yang penasaran dengan harga soto di sini, berikut saya sedikit rinci sesuai dengan apa yang saya bayar waktu datang ke sini. 
Daftar menu dan harga di Soto Sedeep Ambarawa
Daftar menu dan harga di Soto Sedeep Ambarawa
  • Soto Ayam: 12000 rupiah
  • Soto Sapi: 13000 rupiah
  • Teh Manis: 4000 rupiah
  • Teh Tawar: 2500 rupiah
  • Dramstik: 4000 rupiah 
  • Aneka Sate: 5000 rupiah 
  • Ati Ampela: 7500 rupiah 
  • Aneka Gorengan: 2000 rupiah 
  • Lumpia: 8500 rupiah 

Berikut sedikit daftar harga yang saya nikmati sewaktu berkunjung di Soto Sedeep Ambarawa. Bagi kalian yang datang bersama keluarga dan melintasi warung makan ini, mungkin bisa sesekali mampir dan menikmati kuliner di sini. * Soto Sedeep Ambarawa; November 2019.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.