FLIP: Transfer Antar Bank Tanpa Biaya Admin

Aplikasi Flip di Play Store
Aplikasi Flip di Play Store
Sebagai orang yang memiliki dua ATM berbeda, saya terkadang malas mengirimkan uang ke ATM yang sedikit saldonya. Padahal, sedari dulu saya ada keinginan untuk menyimpan uang di ATM yang lainnya untuk ditabung. Alasan saya tentunya karena potongan admin. 

Bagi sebagian orang, potongan sebesar 6500 rupiah bukanlah jumlah yang besar. Namun, jika pekerjaan kita berkaitan dengan pembayaran ke bank-bank berbeda, tentu ini menjadi cukup besar jumlah potongannya. 

Pernah suatu ketika, saya mengurusi pembayaran klien. Tiap klien menyertakan nomor rekening dengan bank yang berbeda. Sekali transaksi mendapatkan potongan yang lumayan. Ini baru sekali, bagaimana jika dua kali atau malah sepuluh kali? Pasti sayang kalau banyak potongannya. 

Sampai akhirnya saya mendapatkan info tentang adanya Flip. Sebuah aplikasi yang ada di gawai dan membantu kita untuk transfer antar bank tanpa ada potongan biaya admin. Aplikasi ini sudah saya unduh, tapi belum sempat saya gunakan karena waktu mendaftar, foto dan data diri diklaim tidak sama. 

Usut punya usut, gagalnya saya mendaftar karena unggahan foto dan kitas diklaim tidak sesuai. Ternyata, saya baru ingat jika gawai saya kamera depan yang digunakan, hasil foto tidak sesuai dan tulisan pada kitas terbalik. Ini yang menjadi masalah sehingga saya gagal memverifikasi data. 
Notifikasi pengiriman sudah berhasil
Notifikasi pengiriman sudah berhasil
Akhirnya, saya meminta teman untuk memotret ketika mengunggah file kitas dan foto. Akhirnya akun Flip atas nama saya terverrifikasi. Ini artinya saya bisa mengirimkan uang ke saudara yang berbeda bank tanpa takut kena uang potongan administrasi. 

Di menu utama Flip terdapat emapt menu yang dapat kita gunakan. Keemat menu tersebut adalah Kirim Uang, Beli Pulsa, Isi Paket Data, dan Buat Refund. Saya belum mengeksplor semuanya. Fitur yang baru saya gunakan adalah “Kirim Uang”. 

Cara pengiriman uang prosesnya sama dengan kita mengirimkan ke bank yang lain. Tiap langkah-langkah cukup jelas. Kita memasukkan bank pribadi lantas mencari daftar rekening bank. Untuk saat ini, bank-bank besar di Indonesia sudah ada datanya. 

Setelah semua selesai, kita nanti mendapatkan kode unik. Saya sengaja mengrimkan uang sebesar Rp. 500.000 ke saudara yang mempunyai bank BRI. Padahal saya mengirimkan melalui bank BNI Syariah. Nanti pihak FLIP memberikan nomor rekening bank BNI. Kita transfer ke sana dengan kode unik. 

Kode unik ini dijadikan patokan bahwa uang tersebut adalah transferan atas nama kita. Intinya, kirimkan sesuai dengan kode unik yang tertera agar terselesaikan dengan baik. Nantinya, akumulasi kode unik jika sudah Rp. 10.000 rupiah, akan masuk ke kantung deposit kita. Untuk mengecek ada di fitur akun. 
Informasi jejak rekaman kita menggunakan Flip
Informasi jejak rekaman kita menggunakan Flip
Jika selesai pengiriman, nanti kita mendapatkan laporan sudah sampai mana transferan kita. Lebih baik kalian mengirimkan uang pada hari kerja dan pagi hari, sehingga cepat diselesaikan. Pihak FLIP juga mengirimkan bukti jika uang sudah dikirim melalui email. 

Ini menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi saya pribadi. Saya tidak perlu takut terkena banyak potongan jika mengirimkan uang berbeda rekening. Selama tabungan yang digunakan terdaftar di FLIP; Kita bisa dengan mudah menikmati fasilitas tersebut.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.