Pengalaman Pertama Memesan Tiket Travel via Traveloka

Pemesanan tiket travel di Traveloka
Pemesanan tiket travel di Traveloka
Awal bulan ini saya berkunjung ke Wonosobo. Berhubung saya tidak memiliki kendaraan pribadi, langsung saja mencari informasi terkait transportasi dari Jogja. Melalui mesin pencarian, saya mendapatkan beberapa informasi travel Jogja-Wonosobo. 

Saya sudah terbiasa naik travel, pun ketika pulang ke Karimunjawa. Biasanya dari Jogja sengaja naik travel Jogja-Jepara dengan cara menghubungi langsung pihak travel. Kali ini saya menjajal yang baru. Saya sengaja memesan tiket travel Jogja-Wonosobo melalui aplikasi Traveloka. 

Seperti yang sudah kita ketahui, Traveloka tidak hanya menyediakan layanan pembelian tiket seperti Pesawat, Kereta Api, ataupun Hotel. Mulai tahun 2018, sepertinya mereka juga merambah ke Bus dan Travel. Hal ini bisa kita lihat dari fitur layanan mereka di aplikasi maupun di website. 

Kembali lagi ke travel Jogja-Wonosobo. Melalui aplikasi di gawai, saya langsung menuliskan titik keberangkatan dan tujuan. Cukup menulis kata “Yogyakarta” dan “Wonosobo”. Pada dasarnya proses pemesanan mirip dengan pemesanan tiket yang lainnya. 
Mengecek pemesanan kota keberangkatan dan tujuan
Mengecek pemesanan kota keberangkatan dan tujuan
Saya menjadwalkan berangkat dari Jogja hari jumat sore. Beruntung di aplikasi ada travel yang berangkat pada pukul 16.00 WIB. Di sini yang tertera adalah Mtrans. Titik penjemputan di Condongcatur dan Terminal Jombor. 

Agar tenang, saya juga langsung memesan tiket balik Jogja. Dari Wonosobo sengaja mengambil titik di Alun-alun Wonosobo. Waktu keberangkatan juga pukul 16.00 WIB. Menurut informasi pada keterangan, perjalanan dari Jogja-Wonosobo atau sebaliknya ditempuh selama tiga jam. 

Jika sudah menentukan waktu dan titik penjemputan, waktunya kita mengisi biodata. Jika pernah menggunakan aplikasi Traveloka, secara otomatis nama kita sudah ada. Tinggal memasukkan saja. Jika untuk beberapa orang, sebaiknya disesuaikan dengan nama masing-masing. 
Mengisi biodata calon penumpang
Mengisi biodata calon penumpang
Seperti pemesanan tiket Kereta Api, kita juga bisa memilih tempat duduk. Berhubung kursi depan sudah penuh, tinggal slot paling belakang. Saya mengambil tempat duduk di pinggir. Biar nanti bisa lebih nyaman duduknya. 

Kita juga bisa melakukan pembatalan tiket ataupun mengubah jadwal keberangkatan. Namun, cara mengubah jadwal keberangkatan harus menghubungi pihak travel. Informasi tersebut terdapat pada keterangan di aplikasi. 

Pemesanan sudah kita lakukan, mengisi data penumpang sudah selesai, tahapan selanjutnya adalah proses pembayaran. Kita bisa menggunakan beberapa cara dalam membayar. Melalui transfer Bank, ATM, ataupun fitur PayLater. 
Memilih metode pembayaran
Memilih metode pembayaran
Berhubung depan kantor saya ada ATM BNI, saya memilih pembayaran melalui ATM. Sebenarnya kita juga bisa melakukan pembayaran melalui M-Banking atau SMS Banking. Jika pembayaran berbeda bank, ada potongan transfer seperti biasa. 

Pembayaran ini dibatasi waktunya selama hampir satu jam. Jadi kita harus cepat-cepat melakukan proses transfer. Jika melalui ATM, dan sudah melakukan pembayaran, nantinya ada permintaan untuk mengirimkan struk bukti transfer. 

Tidak lama setelah konfirmasi bukti transfer, kita mendapatkan etiket yang dikirimkan ke email. Di sini nanti terdapat nama, penjemputan, pukul keberangkatan, serta kode pemesanan. Tidak perlu dicetak, kita tinggal menginfokan kepada petugas di Shuttle. Selain melalui email, pihak traveloka juga mengirimkan informasi dan kode pemesanan kita melalui SMS. 
Etiket sudah diterbitkan
Etiket sudah diterbitkan
***** 

Pada dasarnya pembelian tiket travel melalui aplikasi traveloka ini memudahkan kita sebagai pengguna. Namun, ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Sedikit hal ini kadang merepotkan. Hal ini sesuai dengan pengalaman saya selepas memesan tiket travelnya. 

Pada aplikasi Traveloka, pemesanan hanya diinfokan nama travel. Pun pada etiket, hanya ada nama travel tapi tidak disertai dengan narahubung travel tersebut. Tentu kita sebagai pengguna harus mencari-cari informasi di lokasi terkait travelnya. 

Saya memilih Mtrans, dan titik penjemputan di Terminal Jombor. Sesampai di Terminal Jombor, saya kebingungan mencari shuttle Mtrans. Saya mencoba bertanya pada tempat-tempat pemesanan tiket. Ternyata shuttle Mtrans ada di dekat pintu masuk, seberang sebuah Bank. Tulisan Mtrans tertutupi baliho besar yang lainnya. 
Pengiriman file etiket PDF di email
Pengiriman file etiket PDF di email
Untuk mengantisipasi kejadian ini di Wonosobo, saya meminta narahubung Travel Mtrans di Wonosobo. Sebelum pulang, saya mengabari jika nanti dijemput di depan Kodim Wonosobo. Sehingga tidak kebingungan dalam menunggu travelnya. 

Selain terkait mencantumkan narahubung travel di kota keberangkatan, tentu dari Traveloka bisa lebih nyaman lagi jika pembayarannya menggunakan Virtual Account. Artinya, kita tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran dengan foto struk bukti pembayaran. 

Ditambah lagi, lebih menyenangkan jika ada pemberitahuan keberangkatan di aplikasi Traveloka. Artinya, pengguna yang ingin berangkat diinfokan melalui email atau melalui aplikasi jika hari ini waktunya berangkat. Terkadang ada juga pengguna yang lupa hari ataupun pukul keberangkatan. 

Itu sedikit pengalaman saya kala memesan tiket travel menggunakan aplikasi Traveloka. Memang menurut saya ada kekurangan, tapi tetap saja kita layak mengapresiasi adanya fitur pemesanan tiket Bus dan Travel. Karena dengan itu, kita dengan mudah dapat mendapatkan informasi transportasi menuju kota lain menggunakan bus ataupun travel. *Travel Mtrans Jogja-Wonosobo PP, 02-04 Agustus 2019.

2 komentar:

  1. saya sendiri belum.pernah pesan tiket mobil atau kai lewat traveloka mas, pernahnya cuma pesan pesawat.

    sharingnya bermanfaat buat orang2 seperti saya yang ga pernah sama sekali order bus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga kali pertama saya mencoba pesan tiket travel pakai traveloka. Ternyata sangat membantu bagi yang bingung nyari travel, meski kudu mencari-cari dulu lokasi travelnya.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.