Menginap Gratis di OYO Garden Hotel Jogja

Foto dengan bantal kecil bertuliskan OYO

Menjelang akhir pekan, saya disibukkan dengan aktivitas pekerjaan kantor. Hingga akhirnya memutuskan untuk menikmati waktu akhir pekan tanpa mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan kantor. Saya memutuskan menginap di salah satu penginapan di Jogja. 

Berbekal voucher gratis dari Aplikasi OYO (aplikasi pemesanan kamar hotel) yang diberikan oleh Local Guide Indonesia, saya mencari-cari penginapan yang lokasinya tidak jauh dari kos, namun tetap bisa bersantai. 

Rencana awal, saya ingin memesan penginapan di sekitaran Palagan. Namun, penginapan yang saya incar harganya naik di akhir pekan. Tanpa harus menunggu waktu lama, saya putuskan menginap di Oyo Garden Hotel Jogja. Penginapan ini adalah milik LPP Hotel. 
Lokasi OYO Garden Hotel Jogja
Lokasi OYO Garden Hotel Jogja
LPP Garden Hotel berlokasi di Jalan Perumnas, No 1 Caturtunggal. Tempat strategis karena dekat dengan Ambarukmo Plaza maupun berbagai kedai kopi seperti Aegis Coffee ataupun Linglung. Hotel ini juga tidak jauh dari tempat saya tinggal. 

Mengapa saya memilih penginapan ini? Salah satu alasan yang paling mendasar karena adanya kolam renangnya. Rencananya, saya ingin menikmati waktu pagi dengan berenang di tempat ini. Itupun kalau kolam renang tidak ramai. 

Plang bertuliskan OYO Garden Hotel tampak jelas dari tepi jalan. Namun saya tidak menyadari dengan baik. Sempat saya menuju resepsionis LPP Hotel, dan menanyakan perihal konfirmasi kamar. Beliau menunjukkan jalan samping dekat satpam, di sana ada resepsionis penginapan OYO sendiri. 

Berada dalam satu tempat dengan LPP Hotel, penginapan OYO Garden Hotel memulas bangunan depan dengan corak warna merah. Saya melangkah sesuai arahan resepsionis, di sana memang ada tulisan OYO dan resepsionis yang berjaga. 
Lobi OYO Garden Hotel Jogja bernuansa merah
Lobi OYO Garden Hotel Jogja bernuansa merah
Resepsionis perempuan berpakaian dengan border kecil bertuliskan OYO menyapa. Di sini beliau meminta identitas untuk diperiksa. Lantas meberikan form yang harus saya isi. Sepemahaman saya, yang saya isi adalah nama, nomor telepon, dan juga alamat. 

“Untuk aturan di sini, bapak harus meninggalkan salah satu identitas sampai check out? Kalau tidak identitas, bapak bisa meninggalkan uang 100.000 rupiah. Besok bisa diambil,” Ujar resepsionis. 

Saya lebih rela meninggalkan uang daripada identitas. Resepsionis mencatat dan meberikan saya secarik kertas untuk pengambilan uang besok siang. Beliau mengingatkan jangan sampai menghilangkan kertas tersebut. 

Kunci kamar sudah saya terima. Seorang bapak mengantarkan hingga depan kamar. Lucunya, bapak ini sempat salah membuka kamar. Kunci kamar seperti kunci rumah pada umumnya. Tidak menggunakan kartu layaknya hotel-hotel modern. 
Kamar penginapan ala OYO Garden Hotel Jogja
Kamar penginapan ala OYO Garden Hotel Jogja
Untuk diketahui, OYO Garden Hotel di sini harga semalam 150.000 rupiah. Jadi kalian jangan membayangkan penginapan ini mewah. Menurut saya, tempat seperti ini cocok bagi kalian yang hanya ingin menginap semalam sebelum menjelajah tiap sudut di Jogja. 

Kondisi kamar rapi. Tidak ada hal yang mencolok. Layaknya kamar penginapan harga murah. Di sini cukup lengkap. satu kamar tidur, almari besar, minuman air mineral, televisi dan pendingin ruangan. 

Sudut dinding kamar tidak ketinggalan figura yang bertuliskan OYO, pun dengan bantal kecil pelengkap tidur yang warnanya merah. Untuk sesaat, saya melihat sekeliling kamar sebelum istirahat. Jarang-jarang saya istirahat sore hari. 

Memasuki kamar mandi, tempatnya tidak luas. Fasilitas yang disediakan adalah handuk, sikat gigi dan juga sabun cair dalam kemasan kecil. Fasilitas ini sudah cukup mumpuni, terlebih aku juga sengaja tidak membawa peralatan mandi. Hanya membwa parfum. 
Kamar penginapan ala OYO Garden Hotel Jogja
Kamar penginapan ala OYO Garden Hotel Jogja
Seperti yang sudah saya terangkan dari awal, tidak ada rencana menginap di hotel. Berhubung mendapat voucher, dan sayang jika hangus, saya langsung gunakan untuk menginap. Di saat itu pula, saya sedang ingin menepi. Fokus mengerjakan beberapa tugas yang sudah kusiapkan. 

Jaringan internet di kamar ini ikut LPP Hotel. Semalaman saya mengakses internet dengan lancar. Sesekai terdengar langkah pengunjung yang lainnya. Sore tadi, saya sempat melihat rombongan sedang diklat dan menginap di kamar yang dekat dengan tempat saya. 

Pagi menyapa, saya tidak bergegas ke kolam renang. Malah masih asyik tiduran. Hawa dingin di Jogja akhir-akhir ini membuat rencana awal ingin berenang tandas. Selepas gosok gigi, saya baru keluar kamar menuju kolam renang. 

Sebelumnya, saya menyempatkan diri berkeliling komplek hotel. LPP Hotel yang ada di Jalan Perumnas ini areanya luas. Di beberapa titik terdapat parkiran dan juga ada lapangan tenis. Sesekali bertemu dengan petugas kebersihan. 
LPP Hotel, tempat satu kawasan dengan OYO Garden Hotel Jogja
LPP Hotel, tempat satu kawasan dengan OYO Garden Hotel Jogja
Kolam renang berada di dekat restoran. Saya mencoba menilik sesaat, ada banyak pengunjung yang berkumpul dengan keluarga. Mereka asyik bermain air. Saya putuskan untuk sekadar melihat, tidak jadi berenang. 

Meski tidak luas, kolam renang ini cukup menarik perhatian para pengunjung. Bentuknya yang melingkar, dan ada tempat khusus anak kecil bisa menjadi daya tarik pengunjung yang membawa anak kecil. 

Pada akhirnya, saya harus meninggalkan hotel. Tidak lupa memeriksa segala barang agar tidak tertinggal. Lantas menuju resepsionis untuk mengembalikan kunci kamar sekaligus mengambil kembali uang titipan. 
Kolam renang di OYO Garden Hotel Jogja
Kolam renang di OYO Garden Hotel Jogja
Bagi kalian yang bingung mencari penginapan di Jogja dengan harga murah. Kalian bisa coba aplikasi OYO untuk melihat-lihat harga sebagai referensi. Selain OYO, kalian juga bisa menggunakan Airy ataupun Reddoorz. 

Sudah banyak penyedia layanan penginapan murah. Jadi kalian tidak perlu bingung kala berlibur. Bagi yang suka ala-ala hostel ataupun capsul, di Jogja juga sudah ada. Tinggal buka gawai, aplikasi, dan lakukan pemesanan.

2 komentar:

  1. untuk rentang harga 150k ini udah lumayan, bener sih dari pada voouchernya hangus kan , mending stayvacation, #ceileee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha
      benar banget mas, jadi dapat konten juga :-D

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.