Membayar Pemesanan Buku di Situs Gramedia dengan Gopay

Tumpukan Buku
Tumpukan Buku/ Sumber: Pixabay
Semalam, dua pesan masuk di akun email saya. Berhubung sedang luang, saya membuka email dari Gramedia tentang adanya diskon harga buku hanya empat hari. Ragam koleksi sudah tetata rapi dalam beberapa katalog dengan keterangan harga setelah dipotong. 

Tiga kategori harga buku setelah didiskon; 10.000 rupiah, 20.000 rupiah, dan 30.000 rupiah. Tentu penawaran ini menggiurkan. Terlebih saya sudah melewatkan event Kampung Buku Jogja 2018 karena mudik. 

Ketiga katalog saya buka satu persatu. Sesekali melihat deskripsi buku yang menarik dibeli. Saya cenderung suka membeli buku, namun untuk membaca harus mengumpulkan hasrat lebih besar. Di kamar, tumpukan buku masih banyak yang belum terbaca.
Daftar buku yang dibeli dari Gramedia
Daftar buku yang dibeli dari Gramedia
Dari ratusan buku yang dijual, saya memilih tiga buku. Tidak ada alasan khusus kenapa memilih ketiga buku tersebut. Saat saya membaca deskripsinya, saya merasa ingin membaca buku ini biarpun tidak sekalipun berusaha mencari review tentang buku tersebut. 

Tombol keranjang pada situs Gramedia saya tekan. Harga tiga buku tertera pun dengan ongkos kirim. Melewati tahapan demi tahapan, akhirnya sampailah pada pembayaran. Sayangnya di antara pilihan pembayaran tidak ada ATM yang terdekat dari tempat saya. 

Beruntungnya ada opsi pembayaran yang bagiku menarik. Pada deretan pembayaran paling bawah, terdapat tulisan Gopay. Sebuah layanan yang dimiliki oleh Aplikasi Gojek. Saya melihat saldo Gopay di gawai, nominalnya masih banyak sehingga bisa saya gunakan membayar. 
Proses pindai menggunakan kode batang atau barcode
Proses pindai menggunakan kode batang atau barcode
Cara pembayarannya cukup dengan memindai kode batang yang ada di monitor. Setelah itu mulailah mengikuti langkah yang sudah dijelaspan pada layer. Termasuk memasukkan PIN Gopay kita. Mirip ketika kita membeli pulsa melalui aplikasi yang sama. 

Aplikasi Gojek di gawai saya buka dan memilih Scan QR Code, layer gawai kudekatkan dengan monitor. Secara otomatis terdeteksi Gramedia. Saya tinggal menekan tulisan “Bayar” dan memasukkan PIN-nya. Hanya sepersekian detik, kita sudah selesai membayar tagihannya. 
Layar gawai mendeteksi kode batang Gramedia
Layar gawai mendeteksi kode batang Gramedia
Selanjutnya layer gawai menampilkan pemberitahuan bahwa transaksi yang kita lakukan sudah berhasil. Tunggu beberapa menit nantinya ada informasi berkaitan dengan buku yang kita pesan di email. 

Benar saja, di email sudah terkirim buku yang kita pesan serta prosesnya sudah sampai mana. Kita bisa melacak pembeliannya melalui website Gramedia. Sebelumnya jangan lupa mendaftar akun di Gramedia serta menyantumkan alamat pengiriman. 
Tampilan layar gawai saat transaksi berhasil
Tampilan layar gawai saat transaksi berhasil
Adanya opsi pembayaran menggunakan Gopay memudahkan bagi sebagian orang yang ingin membeli buku. Setidaknya kita tidak perlu mencari ATM terdekat untuk transaksi, terlebih bagi orang-orang yang tidak mempunyai Internet Banking. 

Sekarang tinggal menunggu pesanan terkirim sampai lokasi. Biasanya sih antara satu mingguan barang baru sampai di tujuan. Ini bukan kali pertamanya saya membeli buku di Gramedia. Sudah sering beli di situs tersebut, termasuk ketika ada diskon besar-besaran yang bebas biaya ongkir. 
Pemberitahuan di email jika pesanan sudah dibayar
Pemberitahuan di email jika pesanan sudah dibayar
Sering-sering saja Gramedia mengirimkan informasi buku murah dan lainnya, jadi bisa belanja buku tanpa harus ke took buku. Oya, diskon 50% dan bebas ongkirnya tahun ini ada nggak ya? Semoga ada seperti tahun lalu, tapi pelayanannya lebih baik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.