Kulari ke Pantai, Film Keluarga Indonesia tentang Keragaman Indonesia

Sampul film Kulari ke Pantai
Sampul film Kulari ke Pantai/ Sumber: Imdb

Judul Film: Kulari ke Pantai
Sutradara: Riri Riza
Penulis Naskah: Arie Kriting, Mira Lesmana, Gina S. Noer, & Riri Riza
Aktor/Aktris: Maisha Kanna, Lil'li Latisha, Marsha Timothy, dkk
Genre: Drama Keluarga, Film Anak 

Mira Lesmana dan Riri Riza menjadikan sebuah film lebih indah, mengena, dan alurnya menyenangkan. Seperti itulah yang tampak ketika film Kulari ke Pantai ini tayang. Hampir semua yang sudah menyaksikan takjub dengan alur cerita yang tdaik membosankan bagi penonton, khususnya anak-anak kecil. 

Kehadiran Arie Kriting yang terlibat dalam penulisannya membuat kombinasi menarik. Film sederhana dibalut dengan menarik serta meyenangkan. Pesan seperti kehidupan sosial, saling menolong tersirat jelas dalam film ini. 

Film Kulari ke Pantai adalah film drama keluarga. Perjalanan Sam (Maisha Kanna) dengan Ibunya Uci (Marsha Timothy) ditemani sepupu kecil yang sepantaran Sam, bernama Happy (Lil'li Latisha). Perjalanan panjang dari Jakarta, melewati banyak kota menuju Banyuwangi. 

Karakter anak lebih ditekankan di sini, bagaimana Sam yang tinggal di Rote berbeda jauh dengan Happy yang tinggal di ibukota. Sam, layaknya kawan di Timur; Bahasa dengan logat daerahnya, anaknya sukan dengan hal yang berbagu petualang. Sementara Happy cenderung menikmati hidup anak kota dengan segala kemodern-annya. 

Perjalanan darat dari Jakarta menuju Banyuwangi bukanlah waktu yang sebentar. Di sini kita disughuhi segala destinasi Indonesia yang sudah kita kenal; menyusuri kabupaten-kabupaten yang bisa dijelajahi keindahannya. Menikmati waktu bersama, walaupun terkadang dirasa aneh bagi sebagian mereka yang tidak suka berpetualang. 

Polemik muncul ketika Happy harus dibatas pengunaan gawai, dan lebih diutamakan untuk berkumpul dengan teman-teman baru. Mempelajari karakter orang, memahami hal-hal yang lumrah tapi menurutnya itu sesuai yang baru. Semacam petualangan bagi anak kecil. 
Salah satu adegan di film Kulari ke Pantai
Salah satu adegan di film Kulari ke Pantai/ Dok. Screen capture trailer

Inilah hal yang sebenarnya diangkat pada film. Membuat anak-anak mengerti bahwa hidup itu tidak sebatas mengandalkan teknologi. Ada banyak hal di luar sana yang bisa kita pelajari dengan cara yang menyenangkan. 

Pemilihan pemain sangat bagus, biarpun beberapa adalah anak baru. Instrumen yang mengiringi, bagai mana raut wajah anak-anak yang ceria dan penyisipan pesan untuk anak kecil juga menurutku tepat. Ada banyak cerita yang membuat kita seakan-akan ingat masa kecil, bersepedaan, ada teman yang ngeselin/usil, serta bermain. 

Selain itu, ada juga sosok yang membuat makin bagus. Sosok kakak bule yang bangga berbahasa Indonesia. Sosok yang membuat kita menilai diri sendiri bahwa dari tempat inilah kita menjadi besar, sehingga jangan sampai melupakannya. 

Pada akhirnya, film Kulari ke Pantai adalah hiburan yang mengedukasi. Membuat kita sadar bahwa masa kecil ada banyak perbedaan antara setiap orang, dan di sana kita berusaha untuk bisa berbaur menjadi satu kesatuan. Jika harus menilai, menurutku film ini 8.5/10. Selamat menonton.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.